0 item in the bag

No products in the cart.

Manfaat Argan Oil Untuk Kecantikan Alami

manfaat lanka argan oilApakah Anda pernah mendengar tentang manfaat argan oil? Penggunaannya di dunia kecantikan sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Kini, argan oil semakin diminati seiring dengan semakin banyaknya penelitian yang membuktikan manfaat dari minyak organik ini.

Sudah tau kan apa itu Argan Oil? Argan oil atau minyak argan adalah minyak alami yang berasal dari buah pohon argan (Argania spinosa L.) di Maroko, Afrika Utara. Ya, tanaman ini memang endemik dan hanya ditemukan di daerah Maroko baratdaya. Saking uniknya, kawasan tersebut diberi nama Arganeraie Biosphere Reserve dan dilindungi oleh UNESCO.

Pohon argan sudah ada sejak zaman purba dan bisa hidup dalam rentang waktu 150 hingga 200 tahun. Yang lebih menariknya lagi, pohon ini baru bisa berbuah setelah berusia sekitar 15-30 tahun ke atas! Secara turun-temurun, wanita suku Berber di Maroko telah mengolah biji dari buah argan menjadi minyak yang digunakan untuk keperluan kecantikan.

Yuk, Kenali Kandungan Apa Saja yang Ada dalam Argan Oil

Manfaat argan oil tentu tidak terlepas dari kandungannya yang kaya akan senyawa organik. Masing-masing dari senyawa tersebut memiliki fungsi tersendiri yang menyempurnakan khasiat argan oil.

  • Vitamin E

Vitamin E mengandung tokoferol yang bisa dikatakan sebagai agen utama dalam argan oil. Tokoferol terkenal sebagai antioksidan alami yang bisa menjaga kesehatan kulit dan melindunginya dari pengaruh jahat radikal bebas.

Minyak argan mempunyai kandungan vitamin E dua kali lebih banyak dibandingkan dengan minyak zaitun. Maka dari itu, minyak argan juga kaya akan tokoferol yang dapat melindungi struktur sel sehingga mencegah penuaan dini pada kulit.

  • Asam Oleat dan Linoleat

Di dalam asam linoleat terdapat prostaglandin yang memiliki pengaruh terhadap sistem imun tubuh. Inilah kenapa argan oil dapat mengurangi efek peradangan pada kulit seperti jerawat dan bekas luka.

  • Skualena

Skualena atau squalane adalah senyawa yang dapat memproduksi sterol seperti schottenol dan spinasterol. Kedua turunan tersebut telah diteliti dapat mengurangi kadar minyak dalam kulit, menghilangkan komedo, serta menyembuhkan penyakit kulit seperti eksim, dermatitis, dan psoriasis.

  • Polifenol

Polifenol yang ada di dalam argan oil bermanfaat untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV yang dipancarkan matahari. Tanpa perlindungan, kulit wajah mungkin berubah warna jika sering terpapar cahaya matahari. Dengan mengoleskan minyak argan, hiperpigmentasi bisa dihindari, tetu saja utuk pemakaian siang hari harus dilapisi sunblock juga.

Selain itu, polifenol juga berperan dalam produksi kolagen dalam jaringan kulit. Ini berarti, kulit bisa lebih kencang, segar, dan sehat.

  • Fitosterol

Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen akan semakin menurun. Nah, fitosterol dalam argan oil akan membantu jaringan kulit untuk mempertahankan produksi kolagennya. Tentu saja ini akan berperan dalam mencegah kerutan dan flek hitam sehinggan memperlambat penuaan dini.

  • Asam Ferulat

Minyak argan mengandung asam ferulat alami yang bisa melawan radikal bebas. Asam ferulat memiliki sifat super-antioksidan sehingga bisa mencegah kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar UV. Selain itu, asam ferulat juga dapat meredakan kondisi kulit yang memerah dan iritasi.

  • D-7 Stigmasterol

D-7 Stigmasterol adalah steroid alami yang biasa ditemukan pada tanaman. Kandungan ini memiliki kemampuan untuk menyembuhkan luka termasuk luka bekas jerawat, luka bakar, dan luka gores.

Steroid alami ini biasanya rusak setelah melewati proses pasteurisasi. Oleh karena itu, kandungan D-7 Stegmasterol yang ada pada argan oil dianggap masih murni dan belum rusak karena proses.

Kandungannya yang kaya akan senyawa organik membuat minyak argan berfungsi sangat baik untuk tubuh dan kulit. Para penduduk Maroko biasa menggunakan minyak argan pada kulit wajah, rambut, kuku, dan seluruh tubuh.

Mengungkap Manfaat Argan Oil Untuk Wajah & Kulit

Karena kaya akan vitamin E, fitosterol, dan skualena, minyak argan memiliki sederet manfaat untuk wajah dan kulit. Khasiat argan oil bisa Anda dapatkan hanya dengan mengoleskan pada bagian kulit yang diinginkan. Berikut adalah manfaat argan oil untuk wajah dan kulit yang bisa Anda dapatkan:

  1. Menutrisi dan menjadikan kulit lebih cerah dan segar.

Argan oil bisa menutrisi kulit untuk wanita dan pria di segala usia. Untuk hasil yang maksimal, jadikan argan oil bagian dari perawatan kulit rutin Anda.

  1. Melembutkan dan melembapkan kulit yang kusam dan kering.

Sering berada di jalan atau terpapar cahaya matahari bisa menyebabkan kulit Anda kering dan kusam. Argan oil dapat membantu melembutkan dan melembapkan kulit agar terlihat lebih sehat.

  1. Sebagai agen anti-aging dan mencegah penuaan dini.

Ingin terlihat lebih muda? Kandungan antioksidan dalam argan oil yang tinggi bisa mencegah terjadinya penuaan dini dan mengencangkan kulit.

  1. Membantu mengembalikan elastisitas kulit.

Dengan fitosterol dan vitamin E yang tinggi, minyak argan adalah perawatan yang tepat untuk kulit sehat dan kencang. Argan oil bisa mengembalikan elastisitas kulit yang mungkin hilang karena usia dan juga penggunaan make up yang terlalu sering.

  1. Membantu membersihkan jerawat dan memudarkan flek hitam.

Dengan adanya D-7 Stegmasteroid di dalam argan oil, masalah kulit seperti jerawat dan flek hitam bisa segera hilang. Selain itu, penggunaannya pun aman digabung dengan perawatan kulit lainnya.

  1. Dapat digunakan sebagai

Sifat argan oil yang mudah meresap cocok digunakan untuk dasar riasan, memberikan hasil yang tahan lama, flawless, dan glowing.

  1. Melembapkan tanpa membuat wajah berminyak.

Sebaliknya, pemakaian rutin argan oil akan mengontrol minyak berlebih. Selain itu, minyak argan juga dapat menghilangkan komedo, dan memperkecil pori-pori besar.

  1. Menghilangkan bekas di kulit.

Wanita yang baru saja melahirkan mungkin saja memiliki masalah dengan kulit. Dengan mengoleskan minyak argan secara rutin, stretchmark dan selulit ini bisa berangsur-angsur menghilang berkat kandungan D-7 Stigmasterol yang ada di dalamnya.

  1. Menghilangkan bekas luka.

D-7 Stigmasterol dalam minyak argan juga dapat menghilangkan bekas luka bakar dan luka gores yang sering kali meninggalkan bekas hitam di kulit.

  1. Berguna bagi Anda yang bermasalah dengan gatal.

Berbagai jenis gatal yang disebabkan oleh eksim, gigitan nyamuk, dan sengatan serangga lain bisa reda dengan menggunakan minyak argan di kulit.

  1. Menyegarkan area mata.

Sudut dan kantung mata adalah beberapa area wajah yang paling mudah berkerut. Fitosterol yang terkandung dalam argan oil bisa mengurangi kerutan ini dan membuatnya terlihat lebih segar.

  1. Melembapkan bibir kering atau pecah-pecah.

Penggunaan lipstick secara terus menerus bisa membuat bibir kering. Untuk itu, gunakan argan oil sebagai masker dan pelembab bibir.

  1. Dapat digunakan sebagai pelembap bagian kulit lain.

Kulit siku, tumit, telapak kaki? Anda dapat mengoleskan minyak argan di bagian tubuh mana pun yang terasa kering.

Manfaat Argan Oil untuk kecantikan dan kesehatan kulit sudah terbukti sejak ratusan tahun lamanya. Tidak heran, sebagian besar wanita Maroko memiliki kulit wajah yang cerah dan mulus. Selain untuk wajah, argan oil berkhasiat juga untuk kesehatan rambut dan kuku.

Lalu, Apa Saja Manfaat Argan Oil Untuk Rambut?

Kalau manfaat argan oil untuk wajah sudah terbukti, sama halnya dengan manfaat argan oil untuk rambut. Vitamin E yang ada di dalam argan oil ternyata juga bisa memberikan efek positif terhadap mahkota para wanita. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  1. Menutrisi rambut sehingga menjadi lebih halus dan mudah disisir.

Argan oil bersifat melembapkan tanpa membuat rambut lepek. Gunakan setelah keramas dan hindari penggunaan alat catok atau pengering rambut untuk mendapatkan hasil maksimal.

  1. Mengatasi rambut yang rusak.

Proses pewarnaan, catok dan styling yang terlalu sering bisa merusak rambut dan membuatnya kering. Kandungan tokoferol pada argan oil bisa memulihkan keadaan rambut dan membuatnya lebih sehat.

  1. Mengendalikan kerontokan rambut.

Punya masalah dengan rambut rontok dan patah? Argan oil memiliki tokoferol dan vitamin E yang berfungsi untuk regenerasi sel dan merangsang pertumbuhan rambut baru.

  1. Mengatasi gangguan kulit kepala.

Ketombe, jamur, gatal-gatal? Penggunaan produk kimia pada rambut dalam jangka panjang bisa menimbulkan berbagai masalah pada kulit kepala. Argan oil yang kaya akan vitamin E dan antioksidan bisa menghilangkan masalah tersebut dari kulit kepala Anda.

  1. Membantu memperpanjang dan melebatkan bulu mata.

Bukan hanya untuk rambut yang ada di kepala, bulu mata dan alis pun bisa merasakan manfaat argan oil.

Vitamin dan nutrisi yang ada di minyak argan dapat menyehatkan rambut rusak dan membuatnya lebih sehat. Berbeda dengan pelembap rambut atau conditioner yang biasanya membuat rambut terlihat lepek, manfaat argan oil untuk rambut dapat membuat rambut bervolume dan terlihat sehat.

Cara pemakaiannya pun tidak sulit, Anda dapat mengoleskannya pada rambut setelah rambut dikeringkan, atau menggunakannya sebagai conditioner sebelum membilas rambut. Argan oil cenderung lebih mudah menyerap ke pori-pori kulit dan rambut sehingga tidak terasa lengket.

Agar Semakin Cantik Menyeluruh, Inilah Manfaat Argan oil Untuk Kuku

Salah satu khasiat penggunaan argan oil yang dapat dirasakan dengan cepat adalah manfaat argan oil untuk kuku. Anda mungkin pernah mengalami kuku yang mudah patah, terlihat kuning, atau memiliki guratan putih di permukaan kuku. Nah, argan oil bisa memelihara kuku Anda agar terlihat lebih sehat.

  • Pertama, argan oil memelihara kecantikan pertumbuhan kuku.

Aktivitas sehari-hari dan penggunaan cat kuku sering kali membuat kuku menguning, bergaris, atau bahkan terlihat kusam. Dengan memakai argan oil secara rutin, perlahan warna kuku Anda akan kembali jernih dan terlihat sehat.

  • Kedua, argan oil juga memperkuat akar dan tekstur kuku.

Jadi, tidak ada lagi ujung kuku yang mengelupas ketika tumbuh panjang. Dengan kuku yang kuat, Anda bisa bebas memanjangkan kuku untuk menunjang penampilan.

Tingginya vitamin E dalam argan oil memperbaiki keadaan kuku yang rapuh dan tidak sehat. Pada contoh kasus ada seseorang yang kukunya hampir megelupas, kemudian dengan menggunakan argan oil, akarnya menjadi kuat kembali dan akhirnya masalah akar kuku pun terselesaikan. Untuk mendapatkan manfaat argan oil secara maksimal, gunakan tetesan argan oil pada tangan dan kuku untuk mengembalikan kondisi kuku Anda menjadi lebih sehat dan bersih.

Manfaat Argan Oil yang Bisa Ditemukan di Produk Lain

Sejak mendunianya kabar tentang manfaat argan oil, para produsen kosmetik dan perawatan kulit mulai memasukkan minyak argan atau sebagian menyebutnya minyak emas ini ke dalam produknya. Di dalam dan luar negeri, Anda dapat menemukan khasiat argan oil di beberapa produk-produk berikut.

  • Sampo

Khasiatnya untuk rambut tidak diragukan lagi. Sampo yang mengandung argan oil bisa membersihkan sekaligus memberikan volume alami pada rambut. Bagi Anda yang menginginkan rambut yang mengembang sehat, coba cari sampo dengan komposisi argan oil.

  • Produk Bayi

Karena cocok untuk semua usia dan orgnaik, argan oil pun aman dan baik digunakan pada bayi dan anak-anak. Sifat kandungannya yang bebas akan alergen menjadikan argan oil salah satu bahan yang baik untuk krim, sampo, dan sabun anak.

  • Serum dan Conditioner Rambut

Bagi Anda yang bermasalah dengan rambut rontok, membeli produk perawatan rambut dengan kandungan minyak argan mungkin bisa jadi solusi. Bersama dengan bahan aktif lainnya, argan oil berperan untuk memperbaiki rambut rusak dan rontok.

  • Sunblock

Kemampuan argan oil untuk menepis sinar UV membuat banyak produsen sunblock atau tabir surya menambahkan minyak argan di produknya. Dengan tambahan SPF, sunblock berpadu tepat dengan argan oil dalam melindungi kulit.

  • Pomade

Bukan hanya wanita saja yang bisa merasakan manfaat argan oil. Pomade atau minyak rambut padat untuk pria kini sudah banyak yang mengandung argan oil. Jadi, selain bisa menata rambut, pomade dengan argan oil juga merawat rambut pria agar tetap sehat.

  • Body Lotion

Menambahkan argan oil pada body lotion nampaknya merupakan sebuah ide yang bagus agar Anda mendapatkan manfaat argan oil untuk seluruh tubuh. Banyak merek perawatan tubuh yang memasukkan argan oil pada produk lotion atau body butter untuk digunakan di seluruh bagian tubuh.

  • Lipstick

Mendapatkan bibir sehat sekaligus bergaya? Anda bisa mengecek beberapa merek terkenal yang mulai menambahkan argan oil pada produk lipstick-nya. Jadi, walaupun digunakan seharian, lipstick dengan argan oil tetap membuat bibir lembap dan tidak pecah-pecah.

  • Vitamin Kuku

Banyak produk perawatan kuku mengandung argan oil dan vitamin H sehingga bisa meregenerasi kuku yang menguning dan pecah-pecah. Pengaplikasiannya cukup dengan mengoleskan vitamin yang berupa cairan ke permukaan kuku.

Para ahli kosmetik berlomba untuk memasukkan argan oil dalam komposisi produknya. Untuk menemukan produk dengan kandungan argan oil, coba lihat di kemasan produk. Jika tulisan “argan oil” atau “argania spinosa oil” tertera di urutan awal, berarti sebagian besar kandungan produk terbuat dari minyak argan.

Namun begitu, menggunakan argan oil murni akan memberikan manfaat yang lebih mudah terasa. Anda tinggal mempelajari cara pakai argan oil di bagian tubuh yang berbeda. Kalau digunakan secara rutin dan konsisten, hanya dalam beberapa minggu Anda sudah dapat merasakan khasiatnya.

Mengapa Harus Argan Oil?

Saat ini, tersedia beragam jenis perawatan kulit dengan berbagai komposisi bahan—organik dan kimia. Tapi tahukah Anda, bahwa tidak semua bahan tersebut aman bagi kulit? Beberapa produk skincare mungkin saja memiliki kandungan alkohol dan senyawa kimia lain yang tidak terlalu baik untuk pemakaian rutin. Bahkan sebagian orang mempunya kulit yang tidak cocok dengan skincare yag mengandung alkohol.

Bahkan, kosmetik dengan bahan kimia pun akan berbahaya jika digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Akibatnya, sering terjadi reaksi seperti iritasi, perih, kulit memerah, gatal-gatal, jerawat, dan komedo yang menumpuk.

Lain halnya dengan argan oil murni, karena terbuat 100% dari minyak argan asli, minyak seperti Lanka Argan Oil tidak memiliki bahan tambahan apa pun di dalamnya. Ini membuat manfaat argan oil bisa dirasakan oleh semua orang dengan berbagai jenis dan kondisi kulit.

Penggunaan argan oil sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin merevitalisasi kulit, menyehatkan rambut, serta mempercantik kuku. Selain itu, wanita yang telah menjalani perawatan kulit dengan bahan kimia setidaknya selama 10 tahun wajib menggunakan argan oil ini dengan rutin. Dengan begitu, residu bahan kimia yang selama ini digunakan di kulit bisa perlahan hilang.

 

Leave a response